Scroll untuk baca artikel
News

Lapas dan Rutan Jawa Timur Raih Prestasi yang Terbaik di Indonesia

3
×

Lapas dan Rutan Jawa Timur Raih Prestasi yang Terbaik di Indonesia

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Sidoarjo – Kemenangan gemilang diraih oleh Lapas Perempuan IIA Malang dan Rutan Kelas IIB Trenggalek, menjadikan mereka yang terbaik pertama di Indonesia menurut penilaian Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Pengumuman prestasi ini dilakukan dalam Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Kanwil Kemenkumham Jawa Timur hari ini, Sabtu, (27/4). Acara tersebut diwarnai dengan ungkapan apresiasi kepada jajaran pemasyarakatan.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, menyatakan keberhasilan dalam tata kelola lapas dan rutan di Jawa Timur sebagai bukti pencapaian yang membanggakan. Selain itu, Balai Pemasyarakatan Kelas II Kediri meraih Bapas Terbaik II, dan Lapas I Madiun menyabet predikat Lapas Terbaik III. Giyono, Kepala LPKA Blitar, diakui sebagai pelopor pembangunan zona integritas.

Heni menekankan pentingnya inovasi yang berdampak luas bagi masyarakat, serta kolaborasi dengan aparat penegak hukum lainnya, seiring dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2022. Menurutnya, pemasyarakatan memiliki peran sentral dalam penjaminan hak, pembinaan pelanggar hukum, dan perlindungan masyarakat dari pengulangan tindak pidana.

Lebih lanjut, Heni mengajak jajarannya untuk mengembangkan ekosistem reintegrasi sosial dengan memberikan pelayanan dan melaksanakan pengamanan sesuai aturan yang berlaku.

Upacara tersebut juga menampilkan berbagai kegiatan seperti pameran karya warga binaan, penampilan kesenian, seni bela diri kempo, dan aksi paralayang motor dari petugas lapas.

Sumber: Humas Kakanwil Kemenkumham Jatim, editor Redho Fitriyadi. 

Kabar Ngetren