Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTrending

Kemendagri Giat Diklat Pemadam Kebakaran di Bandung Guna Meningkatkan Kompetensi SDM

51
×

Kemendagri Giat Diklat Pemadam Kebakaran di Bandung Guna Meningkatkan Kompetensi SDM

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Bandung – Dilaksanakan pada tanggal 3-8 Juni 2024, kegiatan Diklat Pemadam Kebakaran yang dibuka secara resmi di Bandung oleh Kepala PPSDM Regional, Indra Maulana Syamsul Arief, S.Kom, M.Si, telah dihadiri oleh berbagai pejabat terkait seperti Kasubdit Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran, serta Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon. Selasa, (3/6).

Dalam sambutannya, Indra menekankan pentingnya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pemadam kebakaran mengingat Indonesia seringkali mengalami bencana. Ia menegaskan bahwa respon cepat dan efisien dengan dukungan SDM yang profesional sangat penting dalam menangani bencana. Diklat ini dianggap sebagai pemenuhan Standar Teknis Pelayanan Dasar dalam penanganan bencana di daerah kabupaten/kota.

Sementara itu, Danang menambahkan bahwa Diklat ini tidak hanya memberikan peningkatan pengetahuan tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam seleksi P3K. Peserta diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama Diklat dalam situasi darurat, sesuai dengan standar mutu pelayanan dasar yang ditetapkan.

Baca Juga  Gelar Apel Tiga Pilar di Magelang: Polda Jateng Memperkuat Keamanan Jelang Pilkada Serentak

Diklat ini diikuti oleh 80 peserta yang akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat dalam tugas keseharian mereka, terutama dalam situasi darurat. Pelatihan ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kompetensi SDM pemadam kebakaran untuk merespons bencana dengan lebih efektif dan efisien.