Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Kota Hujan yang Abadi Meski El Nino Datang

5
×

Kota Hujan yang Abadi Meski El Nino Datang

Sebarkan artikel ini

Kota Hujan yang Abadi Meski El Nino Datang

Kabar Ngetren/Bogor, 7 Juni 2023 – Bogor, yang dikenal sebagai Kota Hujan, diprediksi tetap akan diguyur hujan meskipun hadirnya fenomena El Nino.

Meskipun Juni-Juli merupakan bulan-bulan terkering di Jawa akibat pengaruh El Nino yang lemah, faktor cuaca lokal Bogor membuatnya tetap menjadi kawasan yang hujan.

Dalam penjelasan dari peneliti klimatologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, kondisi cuaca di Bogor dipengaruhi oleh efek lokal dari selatan Banten dan selatan Jawa Barat yang menguat. 
Hal ini menyebabkan hujan kembali turun di Lebak, Bogor, Cibinong, dan sekitarnya.
Karakteristik iklim unik Bogor, dengan ketinggian yang bervariasi dan posisinya yang berada di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede, menciptakan fenomena hujan orografik. 
Uap air yang dibawa oleh angin laut dari Laut Jawa masuk ke pedalaman dan naik mendadak di wilayah Bogor. Akibatnya, uap air tersebut langsung terkondensasi dan menjadi hujan.
Baca Juga  PKB Bersiap Menyongsong Pilkada 2024 dengan Semangat Baru
Meskipun Bogor dikenal sebagai Kota Hujan, keunikan iklim lokal ini justru dimanfaatkan oleh para perencana kolonial Belanda pada masa lalu. Kota ini dijadikan pusat penelitian botani dan pertanian.
Dengan kondisi cuaca yang terus menghasilkan curah hujan yang tinggi, Bogor tetap mempertahankan julukannya sebagai Kota Hujan.
Para penghuni dan pengunjung Bogor harus tetap siap menghadapi cuaca yang lembab dan hujan meskipun saat El Nino. (my)
Kabar Ngetren