Scroll untuk baca artikel
apelNewsPolresPurbalinggaRevitalisasi SatkamlingTrending

Polres Purbalingga Revitalisasi Satkamling

3
×

Polres Purbalingga Revitalisasi Satkamling

Sebarkan artikel ini

Polres Purbalingga Revitalisasi Satkamling

Kabar Ngetren/Purbalingga – Polres Purbalingga mengadakan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di halaman Mapolres Purbalingga, pada hari Rabu, 21 Juni 2023 pagi. Tema apel tersebut adalah Revitalisasi Satkamling untuk Meningkatkan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

Apel dipimpin oleh Kapolres Purbalingga, AKBP Hendra Irawan, S.I.K.. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Ketua Satkamling dari setiap kecamatan di Purbalingga. Kegiatan juga diikuti oleh perwakilan Polsuspas, Polhut, Satpol PP, dan Linmas.
Dalam sambutan apel, Kapolres Purbalingga membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Isi sambutan tersebut antara lain menjelaskan bahwa apel yang diadakan hari ini adalah upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling.
“Semoga apel ini dapat meningkatkan semangat dan peran anggota satkamling dalam menjalankan tugas kepolisian yang terbatas dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat secara mandiri,” ucap kapolres membacakan sambutan.
Kapolres menjelaskan bahwa satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW di kelurahan/desa. Oleh karena itu, kehadiran mereka dapat menjadi peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan yang cepat sebagai bagian dari pendekatan kepolisian yang berbasis prediksi.
“Anggota satkamling di lokasi tempat tinggal mereka memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan serta menyelesaikan masalah-masalah untuk kepentingan bersama,” ucapnya.
Lebih lanjut, dikatakan bahwa saat ini satkamling memiliki peran sentral dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, terutama menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu serentak tahun 2024. Kehadiran satkamling harus dapat menjadi sistem pendingin di lingkungan masing-masing. Tidak boleh ada perpecahan akibat perbedaan pilihan politik.
“Kita harus mendukung pelaksanaan pesta demokrasi ini, karena keberhasilannya akan menjadi langkah besar bagi Indonesia dalam mewujudkan demokrasi yang stabil seiring dengan visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama,” ucapnya membacakan sambutan.
Selama apel, diberikan piala dan piagam penghargaan kepada pos satkamling terbaik tingkat Kabupaten Purbalingga. Juara pertama diraih oleh Pos Satkamling Desa Selabaya, Kecamatan Kalimanah. Juara kedua diraih oleh Pos Satkamling Desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang. Juara ketiga diraih oleh Pos Satkamling Desa Sempor Lor, Kecamatan Kaligondang. (eFHa)
Kabar Ngetren